NgeShare - Migrasi Blog Dari Blogger ke Hugo

December 24, 2019
ocehanku blogger

Setelah hampir 7 tahun lebih (sejak 02/08/2012) saya berkecimpung di dunia perblogan duniawi menggunakan platform/ CMS "Blogger", akhirnya hari ini, saya memantapkan diri untuk move on. Ya, move on, alias migrasi dari platform tersebut. Hal ini mantap saya lakukan, karena selain menyadari adanya kelemahan di platform yang telah saya gunakan sebelumnya ini, juga karena adanya godaan setelah membaca beberapa artikel online yang membahas mengenai SSG (Static Site Generator).

Saya kemudian merasa tertarik untuk mencoba menggunakan SSG yang digunakan sebagai hosting blog, dan SSG yang telah saya pilih adalah "Hugo". Kenapa saya memilih Hugo? Setelah membaca-baca di salah satu forum online, di sana banyak yang mengatakan kalau Hugo itu lebih cepat bila dibandingkan dengan SSG lain seperti misalnya Hexo, Jekyll, Pelican, dan lain-lain. Selain itu, katanya Hugo juga mudah untuk digunakan ataupun dipelajari. Berbekal dari beberapa pernyataan itu, saya pun mencoba untuk membuktikannya sendiri dengan langsung praktek.

Suryablog saat memakai platform Blogger.

Saya mengikuti beberapa artikel tutorial online mengenai cara membuat blog Hugo. Beberapa jam saya mencoba mempelajarinya, lalu saya menyadari bahwa ternyata Hugo memang benar mudah untuk digunakan dan dipelajarinya. Terbukti, bagi saya yang masih sangat amatir dalam bidang pemrograman, dapat membuat blog Hugo ini. Ya, meskipun tidak saya mungkiri kalau ini sebenarnya karena artikel tutorial yang saya peroleh mudah untuk dipahaminya sih (hehe...).

Oiya, barangkali kalau di antara kawan-kawan ada yang ingin melakukan migrasi blog seperti yang telah saya lakukan ini, kawan-kawan bisa melihat langkah-langkahnya pada beberapa artikel tutorial berikut ini:
  • Cara Membuat Blog Dengan Hugo
  • Cara Impor Artikel Blogger ke Hugo Kurang Dari 15 Menit
  • Cara Hosting/Deploy Hugo di Github
  • Cara Custom Domain dengan Github Pages

  • Semoga bermanfaat, ya! 😁
    Lihat juga:
    comments powered by Disqus