NgeShare - Membuat Foto Instagram Tampak Menyambung Menggunakan GIMP

February 1, 2020
tutorial


Berhubung beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang melihat salah satu foto di Instagram saya (fotonya ada di bawah paragraf ini), dan dia penasaran dengan cara membuatnya, maka pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan tutorial mengenai cara membuat foto Instagram menyambung dengan menggunakan GIMP. Yaps, seperti yang telah terlihat di judul artikel ini, jadi pada tutorial ini saya menggunakan aplikasi desain yang bernama “GIMP”. Mungkin bagi sebagian orang masih kurang familiar dengan aplikasi desain yang sebenarnya sudah sangat maintsream di OS Linux ini. Kalau belum familiar dengan aplikasi ini, kamu bisa kepoin dia (aplikasinya) di sini.


Oke, tanpa perlu panjang lebar lagi, kamu bisa menyimak langkah-langkahnya di bawah ini. Oiya, sebelum memulai mengikuti langkah-langkahnya, pastikan kalau kamu sudah memasang GIMP di PC/ laptopmu. Kalau belum, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu secara gratis di sini. Bila kamu menggunakan OS Linux, terutama Ubuntu, biasanya sudah terpasang otomatis di OSnya, tapi kalau belum, kamu bisa menginstallnya di terminal dengan menggunakan perintah di bawah ini.
sudo apt-get install gimp

Cara Membuat Foto Instagram Tampak Menyambung Menggunakan GIMP
Langkah pertama, buka aplikasi GIMP.

Buat image baru dengan menekan tombol CTRL+N pada keyboard. Pada bagian “Image Size”, atur ukuran “width” menjadi 3240px dan “height” menjadi 1080px seperti contoh di bawah ini. Kemudian klik “OK”.


Setelah membuat image baru, kamu buka file foto yang ingin dibuat tampak menyambung di Instagram.

Kamu pindahkan file foto yang telah dipilih ke image baru yang telah dibuat tadi, gunakan fitur copy-paste.

Lalu, kamu atur posisi fotonya pada canvas image baru tersebut sesuai dengan seleramu.

Kalau dirasa sudah pas dan manteb posisinya, kamu simpan (export as) foto tersebut dengan ekstensi “.jpg” pada folder yang kamu inginkan.

Copy foto menjadi 3 di folder tempat kamu menyimpan foto tersebut.

Langkah selanjutnya, yaitu mengunggah/ upload foto ke Instagram. Caranya, pindahkan terlebih dahulu ketiga foto yang telah dibuat tadi ke smartphonemu. Kalau sudah, ketika akan mengunggahnya ke Instagram, kamu tekan tombol "Select Multiple", lalu perhatikan 3 hal berikut ini:
1.Post kanan, geser foto ke kiri.
2.Post tengah, foto jangan digeser.
3.Post kiri, geser foto ke kanan.

Bila kamu sudah memperhatikan 3 hal di atas, maka kamu sudah berhasil membuat foto di Instagram tampak seperti menyambung ketika diswipe.

Baik, itu sekiranya tutorial yang dapat saya bagikan kali ini. Jika ada pertanyaan atau saran yang terkait dengan artikel tutorial ini, kamu dapat menuliskannya di kolom komentar disqus di bawah ini. Semoga bermanfaat, ya! 😁
Lihat juga
comments powered by Disqus