NgeShare - Mengatasi Boot Drops Initramfs di Xubuntu 19.10

#teknologi

Pada suatu ketika, setelah saya selesai mengupdate OS Xubuntu milik saya, dan kemudian merebootnya, muncullah pesan seperti di bawah ini yang membuat saya sesaat tidak bisa menggunakan OS tersebut.
BusyBox v1.30.1 (Ubuntu 1:1.30.1-4ubuntu4) built-in shell (ash)
Enter 'help' for a list of built-in commands.

(initramfs)

Setelah saya telusuri, ternyata pesan tersebut merupakan notifikasi adanya kegagalan ketika melakukan proses boot setelah diupdate. Hal ini terjadi, biasanya disebabkan adanya data lama yang belum terhapus secara sempurna.

Agar dapat menggunakan OS Xubuntu yang sedang bermasalah ini, alhasil saya harus merepairnya dengan mencari sebuah solusi. Tak butuh waktu lama, pada akhirnya saya menemukan solusi yang dapat mengatasinya. Solusi tersebut cukup dengan mengetikkan beberapa perintah di bawah ini di samping tulisan “(initramfs)”.

fsck /dev/sdaX
fsck /dev/sdaX y
Keterangan: X adalah perumpamaan nomor disk yang terpasang.

Contoh pemasangan perintah:

(initramfs) fsck /dev/sdaX
(initramfs) fsck /dev/sdaX y

Kemudian ikuti perintah yang muncul, dan tunggu hingga proses repair selesai.

Ketika proses repair telah selesai, OS akan berjalan secara normal kembali, dan saya dapat menggunakannya lagi.

Oiya, bagi kawan-kawan yang mungkin sedang mengalami masalah seperti ini, sekiranya dapat mengikuti solusi yang telah saya terapkan ini. Namun, bila ada yang ingin disampaikan baik itu saran maupun pertanyaan terkait solusi pada artikel ini, kamu dapat menuliskannya di kolom komentar disqus di bawah ini. Semoga bermanfaat, ya! 😄

Sumber: AskUbuntu.

Lihat juga:
comments powered by Disqus