NgeShare - Cara Mengaktifkan Wifi Driver Ubuntu 20.10 Groovy Gorilla

#tutorial

Dua hari yang lalu, saya baru saja menginstall Ubuntu 20.10 Groovy Gorilla. Yaps, versi terbaru dari Ubuntu ini dirilis hanya berselang sekitar 6 bulanan dari versi LTS-nya, yaitu Ubuntu 20.04 LTS Focal Fossa.


Alih-alih penasaran, saya pun mencoba menginstall, ya karena juga ingin melihat perbedaan dan persamaannya sih. Kalau masalah perbedaan sudah jelas sekali, mengingat kedua versi ini yang satunya memiliki label LTS dan yang satunya Non-LTS, yang artinya kalau LTS itu masa dukungannya lebih lama seperti namanya Long Term Support selama 5 tahun, sedangkan yang Non-LTS hanya didukung selama 9 bulan saja. Itu artinya untuk yang Non-LTS jika sudah berjalan selama 9 bulan, tidak akan menerima pembaruan sistem dari server Ubuntu.

Kalau untuk persamaannya, saya lihat memang mayoritas sama. Nah, ngomong-ngomong masalah persamaan, sewaktu menginstall Ubuntu 20.04 maupun Ubuntu 20.10, saya lihat ada persamaan mencolok. Persamaan mencolok ini saya lihat dengan tidak munculnya wifi driver yang biasanya bisa kita gunakan untuk menghubungkan komputer atau lapto ke jaringan internet wifi. Padahal untuk versi-versi sebelumnya, setelah selesai proses install, untuk wifi driver akan aktif dengan otomatis. Entah kenapa untuk 2 versi ini tidak, entah disebabkan adanya masalah bug atau belum mendukung ke server global, yang pasti ini sangat disayangkan. Alhasil, untuk mengatasi masalah ini, saya harus mengaktifkan wifi drivernya sendiri.

Untungnya untuk cara mengaktifkan wifi driver Ubuntu 20.10 Groovy Gorilla maupun Ubuntu 20.04 Focal Fossa sangat mudah. Hanya perlu melakukan beberapa langkah. Bagi kawan-kawan yang mungkin mengalami masalah seperti yang saya alami ini, bisa mengikuti langkah-langkah untuk mengatasinya seperti yang saya lakukan di video di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:
comments powered by Disqus