“Raspberry Pi”, hmmm... apakah kamu pernah mendengar nama itu? Mungkin beberapa dari kamu sudah ada yang tahu dan juga ada yang belum. Kalau buat yang belum tahu, kali ini saya akan memberikan informasi singkatnya mengenai apa itu Raspberry Pi berdasarkan sepengetahuan saya (hehehe...).

Oke, jadi, sepengetahun saya, Raspberry Pi itu merupakan komputer kecil buatan Raspberry Pi Foundation. Eits, kecil-kecil gini cabai rawit lho. Meskipun kecil, tapi komputer ini bisa digunakan untuk membuat berbagai macam proyek elektronik.
Masa’ sih, Min?
Iya, nih buktinya ada pada video di bawah ini.


Selain itu, ya selayaknya PC desktop atau komputer lainnya, komputer ini juga dapat digunakan untuk menjalankan program-program office, browsing internet, memutar video beresolusi tinggi, sampai bisa buat main game lho. Tapi kalau untuk urusan game sama desain, jangan berharap terlalu tinggi ya, soalnya komputer ini pada dasarnya diperuntukkan untuk mengerjakan pekerjaan yang ringan-ringan saja karena spesifikasinya yang sederhana.

Raspberry Pi
Penampakan Raspberry Pi 3

Berikut ini spesifikasi dari Raspberry Pi:
ProductSoCSpeedRAMUSB PortsEthernetWireless/ Bluetooth
Raspberry Pi Model    A+ BCM2835 700Mhz 512MB 1 No No
Raspberry Pi Model B+ BCM2835 700Mhz 512MB 4 Yes No
Raspberry Pi 2 Model B BCM2836 or BCM2837 900Mhz 1GB 4 Yes No
Raspberry Pi 3 Model B BCM2837 1200Mhz 1GB 4 Yes Yes
Raspberry Pi Zero BCM2835 1000Mhz 512MB 1 No No
Raspberry Pi Zero W BCM2835 1000Mhz 512MB 1 No Yes

Keterangan:
  • Raspberry Pi Model A+ adalah varian model termurah dari Pi Raspberry. Model ini memiliki RAM 512MB (per Agustus 2016: model sebelumnya memiliki 256MB), satu port USB, 40 pin GPIO, dan tidak ada port Ethernet. Pi Model B+ adalah revisi akhir dari Raspberry Pi asli. Ini memiliki RAM 512MB, empat port USB, 40 pin GPIO dan port Ethernet.
  • Raspberry Pi 2 Model B, generasi kedua dari Raspberry Pi. Model Pi 2 berbagi banyak spesifikasi dengan Pi 1 B +, dan awalnya menggunakan CPU quad-core ARM Cortex-A7 900MHz dan memiliki RAM 1GB. Beberapa versi terbaru dari Pi 2 (v1.2) sekarang menggunakan CPU ARM Cortex-A53 900Mhz.
  • Raspberry Pi 3 Model B diluncurkan pada bulan Februari 2016. Menggunakan CPU Mid-core 64MHz quad-core ARM Cortex-A53, memiliki RAM 1GB, LAN nirkabel 802.11n terpadu, dan Bluetooth 4.1. Pi 3 Model B ini adalah model yang kami rekomendasikan untuk digunakan di sekolah atau mahasiswa karena fleksibilitasnya bagi pelajar.
  • Pi Zero dan Pi Zero W berukuran setengah dari Model A +, dengan CPU single-core 1Ghz, RAM 512MB, port mini-HDMI, USB On-The-Go dan konektor kamera. Tipe ini juga telah mengintegrasikan LAN nirkabel 802.11n dan Bluetooth 4.1.

Oh, iya, berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs resminya, tujuan awal diproduksinya Raspberry Pi adalah untuk digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak di seluruh dunia dalam belajar pemrograman digital.

Ngomong-ngomong, kalau komputernya kecil kayak gini, gimana cara makenya? Cara makenya ya sama kayak komputer-komputer lainnya, bedanya ini cuma di ukuran CPUnya lebih kecil. Oke, biar nggak penasaran lagi, di bawah ini ada video singkat mengenai cara penggunaan atau pemasangan dari komputer ini.


Oke, sekiranya itu informasi yang bisa saya bagikan mengenai Raspberry Pi, kalau mau tahu versi lengkapnya mengenai komputer ini, kamu bisa mengunjungi situs remisnya di Raspberrypi.org. Di situ kamu juga bisa membeli komputernya lho (hehehe...).

Oh, iya seperti biasa, kalau ada pertanyaan atau saran yang ingin kamu sampaikan kepada saya, bisa kamu tuliskan di kolom komentar yang letaknya ada di bawah artikel ini ya. Semoga bermanfaat! 😁

NgeShare - Mengenal Raspberry Pi

Load comments

No comments