Yosh! Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai cara membuat proyek php sederhana menggunakan composer di linux. Tanpa perlu banyak basa-basi lagi, mari simak tutorialnya di bawah ini.

Alat
Oh, iya, sebelum memulai langkah-langkah dalam tutorial ini, ada beberapa alat yang harus dipersiapkan. Adapun alat-alat itu antara lain:
1. PC/ Laptop
2. OS Linux
3. Terminal
4. Software Composer
Kalau misalkan kamu belum memiliki software composer di OS Linuxmu, kamu dapat menginstallnya terlebih dahulu dengan menjalankan perintah di bawah ini pada terminal:
sudo apt-get install composer
5. Software Text Editor
6. Software Browser

Membuat Proyek PHP Sederhana
Oke, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat direktori baru bernama proyek-php dengan menjalankan perintah mkdir proyek-php pada terminal. Lalu, kamu masuk ke direktori itu dengan menjalankan perintah cd. Setelah itu, kamu dapat membuat proyek php baru dengan menjalankan perintah composer init di dalam direktori tersebut.
mkdir proyek-php
cd
composer init

Contoh:

Pada contoh di atas, kamu tekan tombol enter sampai muncul tulisan Author [, n to skip]: seperti tampilan di bawah ini.


Di samping tulisan Author [, n to skip]: itu, kamu ketikan nama dan alamat emailmu seperti contoh di bawah ini.


Kemudian, kamu tekan tombol enter sampai muncul tampilan seperti contoh berikut ini.


Jika muncul pertanyaan seperti pada tampilan di atas, kamu ketik no, kemudian tekan enter sampai muncul tampilan seperti contoh di bawah ini.


Kalau muncul pertanyaan Do you confirm generation [yes]?, kamu tekan tombol enter. Ketika kamu sudah mencapai langkah seperti tampilan di bawah ini, maka kamu telah selesai membuat sebuah file composer.json di dalam direktori proyek-php.


Kamu buka file composer.json tersebut menggunakan software “Text Editor”.


Lalu kamu tambahkan beberapa kode berikut ini ke dalam file composer.json tersebut.
"server": "php -S localhost:3030"
    }

Contoh:

Jangan lupa untuk menyimpan file composer.json tersebut. Setelah itu, kamu cek server yang telah dibuat pada file “composer.json” pada port 3030 di terminal. Jika muncul tampilan seperti di bawah ini, maka server tersebut dapat kamu gunakan.


Membuat Program PHP
Kamu buat sebuah file index.php dengan isi seperti ini:


Kemudian simpan file index.php itu ke dalam direktori proyek-php.

Setelah itu, kamu buka Browsermu, kemudian kamu buka link http://localhost:3030. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Kamu juga bisa membuat file index.php sederhana lainnya seperti di bawah ini:
<?php

echo "<h1>Surya Blog</h1>";
echo "Blognya Surya Adhi<br>";
echo "Isinya kebanyakan artikel yang kurang bermutu, hehehe...";

Hasilnya:

Oke, sekiranya sampai di sini dulu tutorial mengenai cara membuat proyek php sederhana menggunakan composer di linux. Bila kamu ingin membuat proyek php yang lain, kamu dapat mempelajari terlebih dahulu mengenai struktur dasar syntax php yang dapat kamu temukan di mesin penelusuran google. Dan bila ada pertanyaan atau saran yang ingin kamu sampaikan kepada saya, kamu dapat menuliskannya di kolom komentar yang terletak di bawah artikel ini. Semoga bermanfaat, ya! 😁

NgeShare - Membuat Proyek PHP Sederhana Menggunakan Composer di Linux

Load comments

No comments