NgeShare - Cara Belajar Inkscape

by - 9/30/2019

Berhubung saat ini saya sedang seneng-senengnya qtime-an dengan salah satu aplikasi desain open source yang bernama “Inkscape”, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan beberapa sumber referensi belajar yang berkaitan dengan tutorial cara menggunakan aplikasi tersebut. Ya, barangkali, kalau di antara kawan-kawan ada yang memiliki keinginan untuk mempelajari cara menggunakan Inkscape seperti yang sedang saya lakukan saat ini, mungkin artikel referensi ini dapat membantu.
Lah, kenapa ndak bikin artikel tutorial inkscape sendiri aja, Min? 
Kalau ditanya seperti itu, sebenarnya saya juga ingin sekali membuatnya, tetapi berhubung saya saat ini masih dalam tahap belajar, saya rasa belum waktunya, dan juga saya rasa di Google, baik artikel maupun video mengenai tutorialnya sudah sangat banyak sekali. Tapi bila di antara kawan-kawan ada yang saat ini berkeinginan untuk segera belajar Inkscape, tetapi bingung mau belajar dari mana, maka yang dapat saya lakukan sementara ini adalah membagikan beberapa sumber referensi belajar Inkscape yang saya yakini akan dapat membantu kawan-kawan dalam memahami penggunaannya. Beberapa sumber referensi yang saya bagikan ini berasal dari beberapa channel youtube yang juga saya gunakan sebagai bahan referensi belajar saya.

Sebelumnya, mungkin di antara kawan-kawan ada yang belum begitu familliar dengan aplikasi ini. Hal itu wajar sekali, karena salah satu aplikasi desain ini jarang sekali ditemui dan digunakan di OS Windows, melainkan lebih banyak digunakan di OS Linux (GNU/ Linux). Tapi bukan berarti aplikasi gratis dan open source ini tidak bisa dijalankan di OS Windows lho, aplikasi ini sangat available untuk dipasang dan digunakan di OS tersebut. Buat kamu yang ingin lebih tahu mengenai aplikasi ini, saya sarankan untuk melihat informasi lengkapnya pada tombol "About Inkscape" di bawah ini.




Baik, tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut ini adalah beberapa sumber referensi untuk belajar aplikasi Inkscape yang saya dapatkan dari beberapa channel youtube:

1. Logos By Nick
https://www.youtube.com/channel/UCEQXp_fcqwPcqrzNtWJ1w9w/featured

2. Graphic Design Studio
https://www.youtube.com/channel/UCPO4KsEEH0uJx6kJ2Dudu-A

3. Fameshout
https://www.youtube.com/channel/UCB65OM1nehRX8gcSqLWyiJA

4. Shifwah Production
https://www.youtube.com/channel/UC-FsIItlDmNVBLHEqwYFk7g

Oke, sekiranya itu beberapa sumber referensi untuk belajar aplikasi Inkscape yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Bila di antara kawan-kawan ada yang memiliki sumber referensi lain selain yang saya bagikan ini, saya rasa alangkah baiknya kawan-kawan dapatmenuliskannya di kolom komentar di bawah artikel ini. Ya, itung-itung bisa saling membantu kawan-kawan lain yang sedang belajar menggunakan aplikasi ini, termasuk saya, hehehe...

Oh, iya, sedikit tips cara belajar inkscape dari saya, ketika kamu menonton video tutorialnya, jangan lupa untuk langsung praktekkan. Ikuti setiap langkah-langkahnya. Kalau perlu catat beberapa hal penting agar tak lupa (hehehe...). Sekian tips (yang sebenarnya sudah sangat umum diketahui banyak orang) dari saya, terima kasih... 😂

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

2 comments

  1. Terimakasih sudah berbagi info. Saya juga lagi belajar menggunakan Inkscape karena ditanya anak saya. Di sekolah dia ada tugas buat sketsa pake Inscape.
    Konten blog Anda bagus, ada posting tentang Ubuntu, cara buat dropdown menu untuk label di blogspot. Tampaknya Anda familiar dengan HTML dan CSS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, semoga lancar belajarnya ya dan terima kasih atas kunjungannya, btw saya masih belum begitu familiar dengan HTML dan CSS, saat ini saya juga masih belajar hehe

      Hapus