Sebagai seorang veteran pengguna IM3 atau sekarang lebih dikenal dengan nama Indosat Ooredoo, dulu saya sering kali mendapat pesan dari operator Indosat yang mengajurkan saya untuk mengupgrade atau mengganti sim card IM3 saya yang hanya support di jaringan 3G ke sim card yang telah support di jaringan 4G. Ya, berhubung dulu saya masih menggunakan HP yang belum support di jaringan 4G, alhasil saya mengabaikan pesan tersebut. Namun, ketika smartphone 3G saya mengalami kerusakan, dan setelah membeli smartphone baru, ternyata slot sim cardnya tidak cocok dengan sim card IM3 3G saya, serta keinginan saya untuk tetap menggunakan nomor dari sim card saya tersebut, pada akhirnya saya mengupgrade sim card lama saya tersebut di Galeri Indosat Ooredoo yang berada di kota tempat tinggal saya, yaitu Ngawi. Nah, mumpung saya telah mengupgrade sim card saya di Galeri Indosat Ooredoo, maka pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan artikel mengenai cara mengupgrade sim card Indosat Ooredoo 3G ke 4G berdasarkan pengalaman saya.

Oke, pertama, kita menuju ke kantor Galeri Indosat Ooredoo terdekat. Kalau berdasarkan pengalaman saya, setibanya di sana nanti, akan ada satpam yang memberikan nomor antrian (kalau antriannya banyak) dan menyuruh kita untuk menunggu panggilan sebelum menuju ke Customer Service.

Kalau nomor antrian kita sudah dipanggil, segera menuju ke Customer Service. Oleh Customer Service, kita akan ditanyai beberapa pertanyaan yang terkait dengan:
  • Nama
  • Nomor sim card yang akan diupgrade
  • Lama waktu penggunaan sim card yang akan diupgrade
  • Pemakaian paket internet pada sim card yang akan diupgrade
  • Pembelian pulsa terakhir pada sim card yang akan diupgrade
  • Back up kontak yang tersimpan di sim card yang akan diupgrade

Kemudian, Customer Service akan meminjam KTP kita sebentar untuk menginput data sebagai bagian dari syarat pengajuan upgrade sim card. Lalu, sim card lama kita akan ditarik oleh Customer Service, dan digantikan dengan sim card yang baru atau yang 4G. Nah, untuk proses ganti sim cardnya di Customer Service, saya perkirakan hanya memakan waktu sekitar 5 menit. Justru yang memakan waktu lama adalah ketika kita diharuskan menunggu aktivasi sim cardnya di rumah.

Sim card lama.

Sim card baru.

Setelah mendapat sim card baru dan sebelum kita pulang, Customer Service memberitahu kepada pelanggan (kita) bahwa sim card yang baru belum dapat digunakan secara langsung, melainkan harus menunggu aktivasinya sekitar 2 sampai 3 jam. Jadi, setelah 2 sampai 3 jam, kita baru dapat mengaktifkannya dengan terlebih dahulu memasukkan sim card baru tersebut ke dalam smartphone. Kemudian, nyalakan smartphonenya. Kalau smartphonenya sudah menyala, kita tunggu pesan dari operator yang mengharuskan kita untuk merestart smartphone kita.


Lakukan restart pada smartphone, lalu tunggu hingga muncul pesan dari operator seperti di bawah ini.


Nah, kalau sudah muncul pesan seperti di atas, maka proses upgrade sim card Indosat Ooredoo 3G ke 4G telah berhasil dilakukan. Oh, iya, untuk proses upgrade sim card dari 3G ke 4G ini GRATIS lho, alias tanpa biaya administrasi.

Baik, sekiranya itu artikel mengenai cara mengupgrade sim card Indosat Ooredoo 3G ke 4G yang bisa saya bagikan. Seperti biasa, kalau misalkan ada pernyataan atau saran yang ingin kamu sampaikan terkait dengan artikel ini, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah artikel ini (klik tombol Load Comments). Semoga bermanfaat ya!😁

NgeShare - Cara Mengupgrade Sim Card Indosat Ooredoo 3G ke 4G

Load comments

No comments