Yosh, kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara menginstall XAMPP di Linux, tepatnya di Linux Lubuntu 18.04. Buat yang mau menginstall atau memasang aplikasi ini di linuxnya, yuk simak tutorial berikut ini.

Cara Menginstall XAMPP

1. Kamu buka dulu link https://www.apachefriends.org/download.html di browsermu.

2. Kemudian unduh file aplikasi XAMPP versi terbaru untuk Linux.


3. Setelah file aplikasi tersebut selesai kamu unduh, kamu buka 'Terminal'. Pada 'Terminal', kamu buka directory 'Downloads' dengan menjalankan perintah:
cd Downloads

4. Kalau kamu sudah berada di directory 'Downloads' pada terminal, jalankan perintah di bawah ini.
sudo chmod +x xampp-linux-x64-7.2.3-0-installer.run
Oh, iya, catatan, untuk versi aplikasi XAMPP yang telah kamu unduh mungkin berbeda dengan versi perintah di atas. Agar perintah di atas dapat berjalan, maka ganti terlebih dahulu versi dari perintah di atas dengan versi aplikasi XAMPP yang telah kamu unduh.

5. Setelah itu, jalankan perintah di bawah ini untuk menjalankan run installer dari aplikasi XAMPP.
sudo ./xampp-linux-x64-7.2.11-0-installer.run

6. Akan muncul tampilan jendela Setup seperti di bawah ini. Pada tampilan ini, kamu klik tombol 'Next' dan tunggu hingga proses instalilasi atau pemasangan selesai. Oh, iya, ketika kamu menjalankan proses ini, kamu jangan menutup jendela 'Terminal' ya.


Klik 'Next'.


Klik 'Next'.


Klik 'Next'.


Klik 'Next'.


Klik 'Next'.


Klik 'Finish'.


7. Ketika kamu selesai menekan tombol 'Finish', akan muncul tampilan dari aplikasi XAMPP seperti berikut ini. Kalau udah muncul tampilan kayak gini, maka aplikasi ini telah berhasil terinstall di Linuxmu (hore!).


Cara Menggunakan XAMPP

1. Buka aplikasi XAMPP dengan menjalankan perintah di bawah ini pada 'Terminal'.
sudo /opt/lampp/manager-linux.run 

2. Akan muncul tampilan jendela aplikasi XAMPP. Pada tampilan ini, kamu pilih menu 'Manage Servers'. Oh, iya, kalau sudah muncul tampilan jendela aplikasi XAMPP, jendela 'Terminal' jangan diclose ya, diclosenya kalau kamu sudah keluar dari aplikasi XAMPP.


3. Pada tampilan menu 'Manage Servers', kamu tekan tombol 'Start All'.

4. Setelah kamu menekan tombol 'Start All' pada tampilan menu 'Manage Servers', maka server dari aplikasi XAMPP akan bekerja dan siap untuk digunakan.


5. Ketika 'Manage Servers' telah seperti tampilan di atas, kamu bisa membuka Dashboard dari aplikasi XAMPP melalui link http://localhost/dashboard.


6. Kamu juga bisa melihat apakah phpMyAdmin dari aplikasi XAMPP bekerja atau tidak melalui link http://localhost/phpmyadmin.


7. Oke, sekarang kamu bisa mencoba menjalankan PHP kode menggunakan Apache server dari XAMPP. Untuk mencoba hal tersebut, coba kamu buat sebuah file PHP sederhana, misalnya dengan menggunakan kode PHP di bawah ini dan namai file PHP tersebut dengan nama 'myphp.php'.
<?php
echo "Hello world!";
?>

8. Kemudian, kamu letakkan atau simpan file 'myphp.php' tersebut pada directory htdocs dari aplikasi XAMPP. Directory htdocs dari aplikasi XAMPP ini biasanya terletak pada lokasi /opt/lampp/htdocs/ di directory 'File System'.

9. Setelah itu, coba kamu buka link http://localhost/myphp.php pada browsermu.

10. Kamu akan melihat tampilan dari file PHP yang telah kamu buat tersebut.


Oke, mungkin itu tutorial yang dapat saya bagikan hari ini mengenai cara menginstall atau memasang aplikasi XAMPP di Linux. Bila ada pertanyaan atau saran yang ingin kamu sampaikan, seperti biasa bisa kamu sampaikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih! 😊

NgeShare - Menginstall XAMPP di Linux Lubuntu 18.04

Load comments

No comments