Yosh! Jumpa lagi dengan saya di blog ini, hehehe...

Oke, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai cara membeli buku di Google Play Book. Kebetulan, kemarin saya baru saja membeli sebuah buku di Google Play Book. Jadi, pada tutorial ini akan saya bagikan cara membeli buku di Google Play Book berdasarkan pengalaman saya tersebut. Tanpa perlu panjang lebar, yuk, simak tutorial berikut ini.

1. Buka aplikasi Google Play Book di smartphonemu atau buka aplikasi Google Play Store, lalu pilih menu ‘Buku’.


2. Kalau sudah masuk di Google Play Book, cari buku yang ingin dibeli dengan mengetikkan kata kunci dari buku tersebut pada kolom search/ pencarian, kemudian tekan tombol search. Kalau di tutorial ini, saya mencari buku tips lulus interview kerja buat persiapan ngelamar kerja, maklum masih jobseeker (hehehe...).



3. Selesai menekan tombol search, akan muncul beberapa buku yang terkait dengan kata kunci yang telah kamu ketikkan tadi. Pada tampilan ini, pilih buku yang ingin kamu beli.


4. Ketika sudah memantapkan pilihan pasangan buku yang ingin dilamar dibeli, tekan atau klik buku tersebut. Kamu akan diarahkan pada tampilan detail buku.


Pada tampilan detail buku ini, kamu bisa melihat beberapa hal terkait buku tersebut, seperti deskripsi buku, rating buku, hingga komentar mengenai buku tersebut. Saya sarankan sebelum membeli, ada baiknya kamu membaca atau memperhatikan beberapa hal itu sebagai bahan pertimbangan sebelum memantapkan pilihan (asyik).

Oh, iya, pada tampilan detail buku ini, terdapat tombol pilihan ‘Contoh Gratis’ dan ‘Beli Rpxxx’. Untuk tombol 'Contoh Gratis', sebelum kamu membeli buku tersebut, kamu bisa melihat beberapa halaman isi dari buku tersebut dengan menekan tombol tersebut. Tapi, ingat ya, namanya contoh, jadi hanya memungkinkan kita sebagai pembeli untuk melihat isi dari buku secara terbatas, kalau mau melihat atau membaca isi bukunya secara lengkap, ya tekan saja tombol ‘Beli’ (hehehe...).

5. Saat kamu sudah mantap dan yakin untuk membeli buku tersebut, maka langkah berikutnya adalah membelinya dengan menekan tombol ‘Beli’.

6. Setelah menekan tombol ‘Beli’, akan muncul tampilan ‘Metode Pembayaran’.


7. Kamu tekan tombol ‘Tambahkan Metode Pembayaran’, dan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pada tampilan ini, kamu dapat memilih metode pembayaran buku yang menurut kamu paling mudah untuk digunakan dalam bertransaksi.

Sebenarnya menurut saya, dari ketiga metode pembayaran yang ditawarkan tersebut, saya merasa paling mudah menggunakan ‘pulsa’ karena bila pembelian menggunakan pulsa, maka pulsa akan terpotong dengan jumlah harga buku yang dibeli. Namun, berhubung beberapa kali saya mengalami masalah ketika akan membeli menggunakan pulsa (sepertinya ada masalah dengan operator selularnya, hehehe...), akhirnya saya memutuskan untuk memakai metode pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit. Jadi, kalau kamu memiliki masalah ketika menggunakan metode pembayaran, tetap siapkan alternatif lain ya (Jangan menyerah ketika dirundung masalah, selalu ada jalan/ solusi lain untuk tetap dapat melangkah! hehehe...).

8. Kalau menggunakan metode pembayaran kartu kredit atau debit, kamu harus mengisi atau mengetikkan beberapa hal pada tampilan seperti di bawah ini. Setelah itu tekan tombol ‘Simpan’.


9. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pada tampilan ini, tekan tombol ‘Beli Dengan 1 Kali Klik’, kemudian akan diproses.


10. Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pilih ‘Ya, selalu’ untuk keamanan, kemudian tekan ‘Oke’. Buku yang kamu beli diproses oleh Google Play dan secara cepat (tergantung kecepatan internetmu) buku tersebut telah terdownload di smartphonemu.



11. Ketika tampilannya sudah seperti di bawah ini atau muncul tombol ‘Baca’, maka buku yang kamu beli itu sudah dapat kamu baca (hore!).


Oh, iya, ketika kamu membuka email, akan muncul pesan dari Google Play yang menyampaikan bahwa proses pembelian buku telah berhasil.


Oke, sekiranya itu tutorial yang bisa saya bagikan kali ini. Kalau ada pertanyaan atau saran yang ingin kamu sampaikan, seperti biasa, kamu bisa menyampaikannya di fitur komentar pada blog ini, oke! Hehehe...

Semoga bermanfaat, ya! 😁

NgeShare - Membeli Buku di Google Play Book

Load comments

No comments