NgeShare - Garang Asem Terenak di Kota Ngawi Menurut Saya

by - 3/06/2024


Siang tadi seberes bekerja, kakak saya pulang dengan membawa beberapa lauk makanan untuk saya dan juga Caca. Kebetulan hari ini saya belum sempat memasak karena masih repot menjaga Caca yang dari sejak tadi malam rewel akibat efek imunisasi kemarin. Syukurlah siangnya, rewel Caca sudah cukup mereda. Mungkin karena ibunya sudah ada di rumah, ya, hehe…

Kembali lagi ke beberapa lauk makanan yang telah dibawa oleh kakak saya tadi, saya melihat di antaranya ada salah satu makanan yang menjadi perhatian saya. Garang asem namanya. Makanan yang banyak dikenal orang khas daerah Jawa Tengahan ini menarik perhatian saya, selain karena sudah lama tak memakannya juga ada kenangan tersendiri tentangnya.

Mundur sekitar 10 tahun yang lalu, alm. Bapak pertama kali memperkenalkannya. Makanan yang terkenal dengan rasanya yang pedas, gurih, asam, nan segar ini dibawa oleh alm. Bapak ke rumah sepulangnya bekerja. Kata alm. Bapak, garang asem ini pemberian dari salah seorang rekan kerjanya yang baru saja purna tugas. Dalam rangka syukuran rekan kerjanya, ujarnya.

Waktu itu pertama kalinya saya mencicipi makanan satu ini. Awalnya terasa kurang familiar dengan rasanya, tapi lama-lama kok malah terasa enak (hehe…). Dan setelah itu, saya mulai sering memakannya. Dengan lidah yang sudah terbiasa terhadap rasanya, saya rasa inilah garang asem yang paling cocok di lidah saya. Hingga saya nobatkan menjadi garang asem terenak di kota saya tinggal, yaitu Ngawi.

Tampilan garang asemnya.

Pernah saya mencoba untuk mencicipi garang asem di lain tempat di Ngawi, tapi saya rasa garang asem yang dijual di rumah makan dengan nama Depot Rizki ini masihlah yang terbaik. Belum ada yang bisa menggantikannya menurut lidah saya.

Oiya, barangkali kalau di antara pembaca penasaran dengan rasanya atau sedang singgah di kota yang terkenal dengan perempatan Kartoyono Medot Janjinya ini, bisalah menyempatkan diri untuk mencicipinya. Mungkin rasanya akan cocok di lidah pembaca, kalaupun tidak, ya setidaknya sudah pernah mencicipinya (hehe…). Untuk lokasi rumah makannya sendiri cukup mudah ditemui. Berlokasi di Jl. Ahmad Yani No.665, Karangrejo, Beran, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, atau tepatnya di seberang UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ngawi.


Kalau harganya tergantung jenisnya, ya. Untuk garang asem ayam harganya Rp16.000, garang asem lele harganya Rp15.000, dan untuk garang asem ampela juga Rp15.000. Gimana, kira-kira mau mencobanya kah? Atau kamu punya rekomendasi tersendiri? Bisa dituliskan di kolom komentar, ya. 😁

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

8 comments

  1. Saya pernah nyobain garang asem ayam mas...awal"emang agak gimana gitu karena baru pertama kali...tapi lama"jadi suka karena seger..asem apalagi ada potongan cabai nya..pake nasi aja udah nikmat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. seger ya mbak, apalagi kalau dimakannya pas waktu makan siang, mantap sekali, hehe

      Hapus
  2. Saya belum pernah nyoba Garang Asem sih. Apakah rasanya ada kecut-kecut asem begitu? Dan sajiannya menarik juga, dibungkus daun pisang, seperti makanan botok saja.
    Berdoa ah, biar Allah kasih kesempatan saya untuk pergi ke Ngawi dan siapa tau bisa mencoba langsung menu ini di sana, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rasanya ini ada kecut-kecut yang nyegerin, soalnya salah satu bahan masaknya menggunakan blimbing wuluh, hehe
      wah, harapan yang bagus, semoga bisa terlaksana ya, kalau ada kesempatan bisa juga sekalian berjumpa di sana haha

      Hapus
  3. Baru tahu aku makanan garang asem, kalo aku tahunya sayur asem.

    Sepertinya enak ya, apalagi dibungkus daun pisang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi pecinta kecut-kecut dan juga pedes pasti suka, lain kali mungkin bisa dicoba mas, hehe

      Hapus
    2. sejujurnya aku juga penasaran sama makanan ini mas, pernah lihat temen makan ini soalnya, tapi gatau rasanya gimana, daripada nyoba2 takut ga suka jadinya ga jadi beli:D

      Hapus
    3. tapi kalo masih penasaran, bisa dicoba dulu mas, siapa tau suka & malah nambah hehe :D

      Hapus