NgeShare - Nantikan Kemunculan Ubuntu OS di Smartphone, Akhir 2012

by - 8/02/2012


Hmm....semakin hari yang namanya teknologi semakin berkembang dan selalu berubah-berubah trend teknologi yang diminati. Misalnya saja pada saat kemunculan Smartphone, Smartphone pertama kali muncul dari ide seorang yang bernama Steve Jobs (Pimpinan Apple) dengan produknya yang bernama I-phone.

Setelah kemunculan I-phone, banyak produsen teknologi yang dengan gencar-gencarnya membuat atau menghasilkan sebuah produk yang menyamai I-phone. Contohnya adalah Microsoft yang kemudian muncul dengan smartphonenya yang bernama WinPhone, begitu pula dengan Google dengan Androidnya.


Kini banyak perusahaan-perusahaan penyedia Operating System ikut bersaing dalam bidang tersebut dengan membuat atau mengembangkan OS besutannya. Salah satu perusahaan tersebut adalah Canonical, Canonical adalah sebuah perusahaan yang menyediakan produk Operating System yang bernama Ubuntu. Dilansir Cio (5/6/2012), Global Marketing Manager di Canonical, John Barnard mengatakan, "Canonical akan membuat pengumuman untuk OS Ubuntu segera mendarat di smartphone akhir tahun ini, saat ini perusahaan tengah mengembangkan sistem operasi tersebut untuk perangkat OS.”

Namun, ketika bicara soal peluncuran sistem operasi tersebut, Canonical Founder Mark Shuttleworth mengatakan, "mungkin, namun kami tidak akan ungkap kapan tanggal pasti peluncurannya."

Barnard menanggapi komentar Shuttleworth, ia mengatakan “OS Ubuntu untuk smartphonekemungkinan rilis tahun depan, namun kami belum memastikan kapan tanggal peluncurannya.”

“Semua jenis sistem operasi Ubuntu untuk smartphone tidak akan tersedia untuk diunduh, namun akan tersedia langsung di perangkat smartphone. Kami juga tidak akan memberikan informasi detil tentang sistem operasi. Saat ini, kami meminta banyak pihak untuk menunggu hingga perusahaan resmi rilis sistem operasi tersebut akhir tahun ini,” kata Barnard.

Setelah memakan waktu yang cukup lama, Canonical akhirnya mengumumkan mengembangkan sistem operasi Ubuntu untuk ponsel dan tablet tahun lalu. Versi awal dari Ubuntu tersedia untuksmartphone,namun tidak akan tersedia untuk versi OS desktop dan server.

Melalui pameran dagang Computex, Canonical mengisyaratkan kesiapan Ubuntu untuk smartphone dengan menggabungkan versi dari OS dengan Android. Selain itu, perusahaan juga menunjukkan sebuah smartphone yang dapat menjalankan dua sistem operasi sekaligus, yaitu menjalankan Android dan Ubuntu berdampingan.

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

0 comments