NgeShare - Cara Mereset Tampilan Dock Ubuntu ke Tampilan Bawaan (Default)

by - 7/20/2023


Sudah bukan rahasia umum lagi kalau Linux terutama Ubuntu itu selain mudah digunakan, juga mudah untuk dikustomisasi alias diubah-ubah tampilannya agar kelihatan lebih 'cakep' sesuai selera penggunanya. Namun, barangkali setelah mengubah tampilan Ubuntu tersebut khususnya pada tampilan docknya, ada di antara para pengguna Ubuntu yang ingin mengatur ulang atau mereset tampilannya ke tampilan bawaan alias defaultnya. Bukan hanya tampilannya saja, tetapi juga aplikasi pintasannya. Nah, terkait hal itu bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah pada tutorial di bawah ini:

Cara Mereset Tampilan Dock Ubuntu ke Tampilan Bawaan (Default)

1. Buka Terminal,

2. Kemudian ketikkan atau copy paste perintah berikut ke dalam Terminal,
dconf reset -f /org/gnome/shell/extensions/dash-to-dock/

3. Lalu tekan tombol Enter pada keyboard,

4. Setelah itu, ketikkan atau copy paste perintah berikut pada Terminal untuk membuat tampilan aplikasi pintasan/ favorit di docknya menjadi aplikasi pintasan dock yang default,
gsettings reset org.gnome.shell favorite-apps

5. Tekan kembali tombol Enter pada keyboard,

6. Selesai, tampilan docknya sudah kembali menjadi default.

Jika dirasa langkah-langkah di atas kurang begitu jelas, bisa juga melihat tutorialnya melalui video Youtube saya di bawah ini.



Semoga bermanfaat, ya! 😊


Sumber: Omgubuntu dan AddictiveTips.

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

0 comments