NgeShare - Mifi Yang Masih Setia Menemani

by - 6/14/2024


Seperti halnya video reels Instagram di bawah ini, sampai saat ini saya juga masih menggunakan Mifi sebagai device pendukung kegiatan berselancar saya di dunia maya. Namun, alasan saya dulu menggunakannya bukan hanya sekadar agar baterai HP saya awet dan tahan lama, melainkan juga karena kebutuhan.

Ok, kali ini saya mau sedikit cerita tentang Mifi yang masih saya gunakan sampai saat ini. Oiya, sebelumnya Mifi saya ini merknya Huawei dengan tipe E5673s. Dulu saya membelinya secara online pada salah satu ecommerce Indonesia di tahun 2017. Kala itu saya membelinya sekitar dua minggu sebelum saya harus melaksanakan magang selama satu setengah bulan di Kota Jogja.


Mengingat pada waktu itu sinyal 4G LTE sudah mulai merata di Indonesia, tetapi HP yang saya gunakan, yaitu Xiaomi Redmi 1S belum mendukung koneksinya karena hanya support sinyal 3G saja, saya akhirnya memutuskan untuk membeli Mifi sebagai device pendukung kegiatan saya berinternet selama di kota Jogja nantinya. FYI, kalau selama di kampus maupun kosan yang ada di Solo, saya sendiri selalu mengakses internet hanya dengan menggunakan Wifi kampus dan Wifi kosan. Alasannya memakai kedua fasilitas itu ya ketimbang harus beli paket data dan tethering lewat HP lagi, menurut saya alangkah lebih baik manfaatkannya, bukan? Kan sebagai anak kosan harus bisa berhemat, hehe…

Xiaomi Redmi 1s, sumber ilustrasi: tokopedia.net.

Nah, dikarenakan satu setengah bulan nantinya saya akan menetap di Jogja dan pastinya selama itu saya juga memerlukan akses internet kalau-kalau mau mengirim ataupun mengerjakan tugas kuliah dan juga agar bisa mencari hiburan kecil di dunia maya, saya rasa saya perlu membeli Mifi ini. Ya kalau hanya mengandalkan HP saya saja yang masih 3G ini, mungkin hal itu akan terasa kurang maksimal. Kebetulan waktu itu harga paket data 4G untuk beberapa provider juga sudah terbilang cukup terjangkau (tapi akhir-akhir ini mulai mahal lagi). Alhasil saya memutuskan untuk membeli Mifi yang sudah mendukung sinyal 4G ini.

Kalau ditanya kenapa waktu itu nggak beli HP 4G aja? Kan jadi lebih praktis dan nggak perlu nambah-nambah device lagi? Jawabannya kembali lagi ke perkara duit, hehe…

Waktu itu saya ingat sekali kalau harga HP 4G masih sangat mahal. Jelas untuk saya yang masih seorang mahasiswa dengan dana pas-pasan waktu itu belum begitu mampu untuk membelinya. Apalagi masih ada keperluan lain yang lebih penting, salah satunya untuk penelitian skripsi. Jadi, ya harus pinter-pinter memilih mana yang lebih worth it dan nggak. Dan Mifi ini menurut saya adalah salah satu hal yang worth it pada waktu itu.

Saya dulu beli Mifi ini dengan harga yang cukup pas. Tidak terlalu mahal, tapi tidak bisa dibilang terlalu murah juga sih. Sekitar Rp600.000,00-an, dengan nominal segitu saya bisa meminangnya dan menggunakannya tak terasa sudah hampir 7 tahun ini. Awet ya? Iya, alhamdulillah. Tapi meskipun terlihat awet, Mifi yang saya gunakan ini tentunya sudah mengalami penurunan fungsi, terutama pada bagian baterainya.

Yang saya ingat sudah dua kali Mifi ini saya ganti baterainya. Kali pertama saya menggantinya pada sekitar tahun 2019, sedangkan yang kedua baru saja beberapa hari yang lalu. Kalau ada yang nanya lagi kenapa nggak beli Mifi yang baru aja daripada beli baterai lagi? Jawabnya ya sayang aja, kan ini Mifinya masih berfungsi normal dan bisa dipake. Daripada harus beli yang baru, ya mending beli baterainya yang baru aja. Toh harga baterainya yang baru nggak terlalu mahal seperti kalau beli Mifi baru.



Walaupun begitu, saya tetap menyadari kalau sewaktu-waktu nanti Mifi ini tak akan bisa digunakan lagi. Ya wajar namanya juga barang yang sudah digunakan lama, apalagi barang elektronik. Masih bisa menggunakannya dalam waktu lama saja adalah sebuah bonus tersendiri yang semestinya disyukuri, seperti halnya umur panjang atau rezeki yang diperoleh dari hobi. Dan mumpung sampai saat ini masih bisa digunakan, saya akan berusaha untuk tetap menggunakannya dengan sebaik-baiknya.

Btw, kalau kamu minat atau lagi mau beli Mifi juga, kamu bisa klik di sini, ya. Nantinya kamu akan diarahkan ke laman produk Mifinya Huawei di Tokopedia. Barangkali bisa jadi salah satu referensi buat kamu. Semoga bermanfaat ya, sehat selalu. 😁

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

2 comments

  1. Iya mas..selama masih bisa berfungsi bagus kenapa gak tetap di pakai, rasanya kalau mau beli"ini itu barang elektronik cukup mahal walaupun kita butuh rasanya sayang aja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak, memanfaatkan dengan maksimal yang masih ada dulu hehe

      Hapus