NgeShare - Percepatan Digital Bisnis UMKM Jakarta di Era Modern

by - 7/07/2024


Menjalankan bisnis, khususnya di kota Jakarta pada era modern ini berbeda dengan menjalankan bisnis di masa lalu. Bisnis saat ini sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Hal itu bisa berarti bahwa mereka yang menguasai teknologi nantinya dapat memasarkan produknya dengan lebih baik. Oleh karena itu, agar bisnis bisa tetap eksis dan bersaing, maka sangat diperlukan adanya pemahaman mengenai strategi pemasaran di era digital.

Sayangnya tidak banyak pelaku bisnis yang memahami hal itu. Padahal jika diperhatikan dengan baik, strategi pemasaran di era digital nantinya dapat memberikan gambaran mengenai langkah-langkah yang tepat untuk media digital, pemetaan pemasaran, memilih media digital yang sesuai, dan mengimplementasikan semua kegiatan pemasaran berbasis internet. Dan dari beberapa hal itu nantinya bisa berdampak baik pada percepatan bisnis, terutama UMKM.
 
Apalagi di era digital ini, konsumen juga bisa berperan aktif dalam hal pemasaran. Jika pelaku bisnis bisa memanfaatkan momentum itu dengan menghadirkan produk yang baik dan disukai oleh konsumen, bisa jadi konsumen akan merekomendasikannya ke media sosialnya. Tentunya hal itu akan menguntungkan bukan? Dari hal itu juga nantinya pelaku bisnis bisa mencari program dan kampanye pemasaran online dalam upaya untuk menjangkau konsumen di mana mereka 'hidup' secara online.
 
Namun, bukan hidup namanya kalau tak ada tantangan, begitu juga dalam berbisnis. Tantangan yang dihadapi banyak perusahaan ketika memanfaatkan medial sosial adalah meskipun mereka menyadari perlunya aktif di media sosial, mereka tidak benar-benar memahami bagaimana melakukannya secara efektif, indikator kinerja apa yang harus mereka ukur, dan bagaimana cara mengukurnya. Selain itu, ketika pelaku bisnis mengembangkan strategi media sosial, platform seperti YouTube, Facebook, dan X/ Twitter terlalu sering diperlakukan sebagai elemen yang berdiri sendiri dan bukan sebagai bagian dari sistem yang terintegrasi.
 
Selama ini internet telah membawa perubahan pada lanskap bisnis melalui penciptaan sejumlah taktik pemasaran digital. Untuk itu, perlu adanya integrasi strategis media sosial ke dalam strategi komunikasi pemasaran bisnis. Namun, dengan adanya pilihan taktis baru ini, pelaku bisnis perlu (1) memprioritaskan apa yang ingin mereka capai dan (2) menentukan taktik pemasaran digital mana yang akan diinvestasikan.

Di era modern ini di mana informasi mudah diperoleh dari internet, tidak perlu khawatir bila mengalami kebingungan dalam memahami strategi pemasaran digital. Telah banyak info yang membahasnya secara detail di internet. Tinggal bagaimana seorang pelaku bisnis mau memahaminya. Tapi apabila dirasa merepotkan, tenang. Sekarang sudah banyak pula penyedia jasa strategi pemasaran digital di internet. Kita tinggal memilih mana yang dirasa cocok sesuai dengan budget yang dimiliki atau kualitasnya.

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

0 comments