Beberapa waktu yang lalu, saya baru saja selesai membuat sebuah undangan pernikahan. Ya, udangan pernikahan, yang tentunya itu bukan undangan pernikahan saya, melainkan milik seorang kawan yang meminta tolong untuk didesainkan undangannya. Alhamdulillah, desain dari undangan tersebut telah selesai dan kini tinggal menunggu proses cetaknya selesai. Dari mendesain undangan tersebut, saya sebelumnya mencari beberapa referensi yang sepertinya dapat menginspirasi saya dan tentunya kawan saya yang punya hajat itu, dan dari beberapa referensi tersebut, kawan saya meminta agar di undangannya nanti diberi denah lokasi resepsi pernikahannya, biar tamu undangan nantinya mudah menemukan lokasinya, katanya. Nah, dari permintaan kawan saya itu, sebagai teman saya menyanggupinya (mumpung ada feenya nih, wkwkwkwk...), tapi saya jadi kepikiran untuk tidak hanya sekadar menyelipkan gambar denah lokasi pada undangannya, melainkan juga menambahkan QR Code lokasi resepsinya tersebut dari Google Maps. Jadi, dengan menambahkan QR Code lokasi di undangannya ini, tamu undangan nantinya akan dengan mudah menemukan alamat lokasinya di Google Maps hanya dengan menscan QR Code tersebut.

Oh, iya, ngomong-ngomong soal menambahkan QR Code lokasi dari Google Maps, pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan tips atau tutorial mengenai cara membuatnya berdasarkan pengalaman saya. Mungkin tutorial ini nantinya akan dapat membantu kamu yang pada suatu saat atau saat ini juga dimintai tolong oleh kawan atau mendapat proyek pesanan undangan. Oke, bagi kamu yang penasaran dengan tutorialnya, kamu dapat menyimaknya di bawah ini.

Cara Membuat QR Code Lokasi Dari Google Maps

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah mengunjungi website Google Maps terlebih dahulu di sini.


Bila kamu sudah berada di website Google Maps, langkah berikutnya ialah kamu tentukan dan pilih lokasi suatu tempat yang ingin kamu buat QR Codenya.


Setelah itu, klik lokasi tempat yang dipilih, lalu kamu klik tombol share/ bagikan.


Dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pada tampilan ini, kamu salin linknya.


Kemudian pastekan link tersebut di browsermu dengan menambahkan kode .qr di belakang url tersebut, lalu tekan tombol “Enter”.


 Nah, pada tahap ini, akan muncul QR Code dari lokasi pilihanmu tersebut.


Kamu dapat menyimpan QR Code tersebut sebagai file png dengan cara klik kanan pada mouse/ touchpad, kemudian pilih menu “Save Image As”.


Oke, sekiranya itu tutorial mengenai cara membuat QR Code lokasi dari Google Maps. Jika kamu memiliki pertanyaan atau saran yang ingin disampaikan kepada saya dan berkaitan dengan tutorial ini, kamu dapat menuliskannya di kolom komentar di bawah tutorial ini dengan mengklik tombol “Load comments”. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat ya! 😁

NgeShare - Cara Membuat QR Code Lokasi Dari Google Maps

Load comments

No comments