NgeShare - Batagor, Salah Satu Makanan di Lokasi War Takjil Kabupaten Ngawi

by - 4/02/2024


Satu minggu yang lalu, saya baru saja memposting tulisan di blog ini dengan judul “NgeShare - Empat Lokasi War Takjil yang Ramai di Kabupaten Ngawi”, dan kali ini saya ingin menuliskan sedikit tentang satu makanan yang ada di salah satu lokasi itu. Makanan itu ialah batagor. Pasti sudah banyak yang kenal dengan makanan khas Bandung ini, kan? Bahkan mungkin sudah sudah sering memakannya.

Nah, kebetulan kemarin sore saya berkesempatan untuk membeli batagor (singkatan dari baso, tahu, goreng) sebagai salah satu pilihan takjil untuk berbuka. Saya membelinya di salah satu lokasi war takjil yang ada di Kabupaten Ngawi. Lokasinya itu di Jalan Ronggowarsito.

Dari sekian banyaknya pilihan makanan atau jajanan yang ada di sana, mengapa saya justru menjadikan batagor ini sebagai pilihan? Alasan seperti seseorang yang sedang ngidam, karena waktu itu lagi kepengen jajanan yang gurih, ada kriuk-kriuknya, tapi juga ada lembut-lembutnya. Rasa-rasanya hanya batagor yang memenuhi ketiga kriteria makanan seperti saya inginkan waktu itu, hehe…

Oiya, di Jalan Ronggowarsito ini sebenarnya ada beberapa penjual batagor, tapi saya suka membelinya di penjual batagor yang sering mangkal tepat di depan SMPN 1 Ngawi ini. Selain karena rasanya yang sudah cocok di lidah, harga yang murah meriah, porsinya yang bikin perut sumringah, batagor ini juga sudah jadi pilihan saya sejak masih bersekolah di bangku sekolah menengah pertama (sekitar tahun 2009an).

Tiap kali beli batagor ini, saya jadi teringat masa SMP dulu. Jaman saya masih SMP dulu kalau ingin jajan batagor, hanya ini satu-satu pilihan jajanan batagor waktu itu. Dengan uang jajan Rp2.000,00, rasanya sudah cukup mengenyangkan perut saya yang kelaparan di waktu jam istirahat sekolah.


Baik penjual maupun rasa batagornya pun masih sama dari jaman saya masih SMP. Yang beda cuma tampilan gerobaknya dan abang penjualnya yang sudah kelihatan menua. Yah, maklum waktu sudah lama berlalunya, dan dengan semakin lama berlalunya waktu, selalu saja ada perubahan atau perbedaannya, bukan?

Btw batagor ini tipe yang nggak pake tahu ya. Meskipun begitu, rasanya tetap nikmat. Apalagi ada banyak kulit pangsitnya yang renyah-renyah gurih enyoy. Tidak terlalu asin, pun tidak terlalu hambar. Saus kacangnya juga pas di lidah, hanya saja sedikit agak encer.

Oiya, kalau untuk porsinya yang sebelumnya saya bilang bikin sumringah ini emang nggak main-main ya banyaknya. Tengok saja pada foto di bawah ini, saya membelinya Rp10.000,00, porsinya bisa satu mangkuk penuh seperti ini. Kalau dimakan sendiri, bisa bikin kenyang sebelum makan nasi, hehe…


Kalau mau beli batagor ini di bulan ramadhan, saya biasanya otw dari rumah sekitar jam setengah 4 sore. Lebih dari jam itu, sudah pasti ramai banget dan mesti antri. Apalagi kalau sudah jam 5, pasti sudah habis. Jadi, bener-bener ngrasain sensasi war takjil kalau mau beli ini lewat jam 4 sore itu, haha…

Ok, sekiranya itulah cerita saya tentang batagor, salah satu makanan yang ada di salah satu lokasi war takjilnya Kabupaten Ngawi. Oiya, sebelum lupa, saya mau klarifikasi dulu kalau ini hanyalah sebuah cerita receh dari saya yang bukan merupakan reviewer atau ahli makanan, ya. Jadi, jangan dijadikan patokan tentang bagaimana rasa dari makanan ini. Ya karena selera tiap orang kan beda-beda. Kalau penasaran dengan rasanya, barangkali bisa langsung membelinya. Itung-itung juga sekalian nglarisin dagangan abangnya. 😁

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

2 comments

  1. Aku juga sukaaa mas Ama batagor. Walopun kalo cari yg enak di JKT agak susah. Beda kalo carinya di Bandung yaa 😄.

    Waah udh lamaaa bgt dong si bapak jualan kalo sejak mas nya SMP . Msh bertahan Ampe skr. Seneng sih dengernya, berarti memang jualan si bapak enak dan disuka banyak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak, karena saking banyaknya pilihan di jakarta, jadi agak repot juga kalau mau cari yang enak, hehe

      iya alhamdulillah rejeki abangnya mbal, dan sampai saat ini masih rame yang beli, apalagi kalau pas bulan ramadan gini :D

      Hapus